Dua bulan terakhir ini, aku lagi ngerancang buat buka usaha. Ya, itung-itung belajar menjadi entrepreneur gitu deh…sekaligus buat nambah-nambah pemasukan. Biar ga ngandalin gaji Dosen PNS yang ga seberapa.

Penginnya sih buka usaha rental komputer (jasa pengetikan), photo copy plus jualan voucher hp. Alasanku ingin buka usaha tersebut, karena melihat prospek ke depannya lumayan bagus. Tempat yang rencananya buat buka usaha itu menurutku sangat strategis, di perempatan jalan, dekat kantor-kantor pemerintah, sekolah dan kampus.

Awalnya, pada bulan maret 2008 aku sempat bingung nyari tempat buat buka usaha tersebut. Tetapi atas saran istriku, aku disuruh mencari lokasi dekat kampus tempatku mengajar. Ketika itu, aku beserta istriku melihat tempat di perempatan jalan, yang sebelumnya buat buka usaha photo copy, tetapi seudah beberapa bulan ini tutup. Maka, kami pun mencari informasi tentang pemilik tempat tersebut.

Ternyata, pemilik tempat tersebut tinggal persis di sebelah barat lokasi usaha. Akhirnya, kami pun menemuinya. Setelah ngobrol ngalor ngidul, kami baru tahu bahwa ternyata tempat itu masih disewa oleh seseorang yang habis masa kontraknya pada akhir bulan april. Sehingga kepastian dilanjutkan dan tidaknya penyewaan tempat tersebut adalah pada bulan Mei 2008.

Setelah harap-harap cemas menunggu + 1 ½ bulan, akhirnya kami dihubungi pemilik tempat tersebut, bahwa penyewa yang lama tidak melanjutkan sewanya. Saat itu juga, kami katakan bahwa kami serius untuk menyewa tempat itu buat buka usaha.

Minggu-minggu ini, rencananya kami mau mengurus segala tetek bengek berkaitan dengan usaha baru yang akan kami jalankan. Dari mulai nego harga sewa tempat, mencari beberapa unit komputer dan mesin foto copy, serta tempat kulakan (belanja) voucher hp dan pernak-pernik lainnya.

Ya, kami berharap mudah-mudahan usaha baru yang akan kami jalankan ini berjalan lancar. Insya Allah, kalau tidak ada halangan, akhir Mei atau awal Juni 2008, usaha baru ini akan segera kami jalankan.

Mungkin ada di antara teman-teman blogger yang punya pengalaman buka usaha serupa, bisa bagi-bagi saran, masukan dan tips-tips lainnya. Kami sangat membutuhkan informasi dari temen-temen blogger yang sudah lama bergelut di bidang usaha ini (rental komputer, photo copy dan bisnis voucher). Kami tunggu commentnya….

About these ads