Gue punya cerita gokil and konyol abis nih. Pokoknya setiap gue inget kejadian itu, bawaannya pengen ngakak mulu, abis ga nahan sih..Ya..sebetulnya yang ngalamin kejadian ini bukan gue, tapi temen gue. Tapi, tetep aja kalo diinget-inget lagi, perut ini rasanya kaya dikocok kocok gitu deh…Penasaran ya..mo tau ceritanya? Oke deh, kalo gitu lo pantengin terus ye…

Gini nih ceritanya…

Peristiwa gokil and konyol ini terjadi kira-kira 10 tahun yang lalu, waktu itu gue masih jadi keluarga besar putih abu-abu alias SMU (Sekolah Menengah Uatas..,he..he..sorry mas Kelik, pinjem plesetannya). SMU gue tuh semacam Boarding School gitu dech..(seluruh siswanya tinggal di asrama). Lo tau sendiri kan gimana tingkah polah anak-anak asrama, bisa dikatakan dari 100 orang yang tinggal di situ hanya sebagian kecil aja, yah kira-kira 15% nya aja yang ‘waras’, he..he.., semuanya gokil and jail abesss…

Nah, suatu ketika tuh temen gue, sebut saja namanya bejo (orangnya ndeso, katro, and kuper baget deh pokoknya), punya gebetan cewek yang tinggal deket asrama sekolah gue. Ya, biasalah..namanya juga ABG, kalau lagi ada yang digebet kan bawaannya pengen tepe-tepe (tebar pesona) mulu. Sialnya, temen gue tuh termasuk tipe cowok yang berlabel PMDK (Pendekatan Mulu Dapet mah Kagak).., he..he..Abis dia tuh tiap liat cewek bening dikit, gayanya itu lho ngga nahan.. SKSD bo.. (Sok Kenal Sok Dekat), so.., bukannya cewek-cewek yang digebet tuh ngedekitin dia, tapi pada ngacir..ilfil kali liat gayanya yang ngebetein.

Tapi, kata dia sih, untuk kasus yang satu ini, cewek yang lagi digebet, yang tinggal deket asrama, beda banget. Dia tuh lugu, polos and ngegemesin…katanya sih…ga tau dech yang sebenernya kaya gimana, gue sendiri waktu dia ngomong gitu belum liat ceweknya kaya gimana, ya udah gue and temen-temen yang lain ngangguk-ngangguk aja, daripada dikomentarin trus dia kesel, kan mendingan diiyain aja.

But, diem-diem tuh gue sama temen-temen yang lain punya rencana buat ngejailin dia, ya..abis dia juga sering ngejailin gue and temen-teman yang lain juga sih..

One day, dia bilang mo ngedate sama cewek gebetannya itu. Ting.., muncul akal bulus plus ide jahat nih di benak gue and temen-teman gue, buat ngegrecokin acara ngedatenya. Gue and temen-temen nyusun rencana gimana caranya bisa bikin acara ngedatenya tuh gagal total.. (jahat banget yah gue and the ganks.., he.hee..), yah namanya juga masih keluarga besar putih abu-abu, pasti aja banyak ide kreatif yang muncul…xi..xi..

Rencana udah disusun secara mateng, tinggal ngejalanin aja pas hari H. Gue and temen-temen udah ngga sabar nih..

Pas hari H, gue mulai melancarkan aksi. Gue and temen-temen pura-pura baek sama dia. Kita nyaranin agar dia tuh tampil sekeren mungkin, karena ini kan first datenya, so jangan sampai ngecewain dia (ceweknya). Dia sih nurut aja. Gue bilang, “lo harus tampil necis, pakaian rapi and yang terpenting rambut harus oke, klimis gitu dech..”, “Okey bro”, kata dia. “Ya udah, lo sekarang pake nih minyak rambut gue”, (kebetulan gue baru beli shampoo merek “tiiiit…”, sensor ya..yang kemasannya mirip kemasan minyak rambut) kata gue. Dia yang emang udik, ndeso and katro tanpa pikir panjang ngolesin tuh shampoo ke seluruh rambutnya, tanpa rasa curiga sedikit pun.

Oh iya, gue belum ngasih tau kalo waktu itu lagi musim hujan. Harapan gue and temen-temen, pas dia ngedate atao lagi di jalan, trus kehujanan jadi shampoo itu akan bereaksi.

Okey, kita lanjutkan.. Diapun jalan sama cewek gebetannya ke suatu tempat. Gue and seorang temen gue jadi mata-mata ngikutin dia, tapi dia gak tau kalau diikutin.

Bener, dream comes true…Pas dia lagi di jalan, bukan di dalam kendaraan, hujan mulai turun. Yess.. batin gue and temen gue. Dia ngga sadar kalau shampoo suda mulai beraksi. Butiran-butiran kecil busa shampoo mengalir dari rambutnya..suer gue and temen gue ngga bisa nahan tawa, sampai sakit perut. Dari kejauhan, tampaknya cewek gebetannya ngomong sesuatu and nunjuk ke arah kepala temen gue.

Eh.., bukannya sadar kalo itu shampoo, dia malah ngremes-ngremes and ngucek-ngucek rambutnya, terang aja busa shampoonya makin banyak aja..he..he… Misi kita berhasiiil…teriak gue sama temen gue.

Gue liat dia kayaknya kelimpungan and malu banget deh…Akhirnya, gue and temen gue pulang trus cerita sama temen-temen di asrama, kontan aja mereka pada ngakak semua. Tapi kita sepakat kalo dia datang, pura-pura ngga tau apa yang telah terjadi.

Waktu yang ditunggu-tungg pun tiba. Dia datang dengan wajah kusut and agak kesel keliatannya. Setelah dia masuk kamar gue and beberapa temen nanyain, “gimana ngedatenya, sukse ngga?” Dia bilang dengan nada kesel, “Sukses apaan, malah dia (cewek gebetannya) bilang lebih baik ga usah ketemuan lagi”. “Emang kenapa?”, tanya gue and temen-temen. “Semua gara-gara minyak rambut sialan punya lo”. Katanya dengan nada marah. “Maksud lo?”, tanya gue. “Yang gue pake tadi bukan minyak rambut tetapi shampoo. Jadi pas kehujanan tadi rambutku penuh busa shampoo”, katanya lagi. Serempak gue and temen-temen ngakak bareng, ha…ha… ha…, “makanya jangan ndeso dong..liat-liat dulu kalo mau pake sesuatu, baca dulu kek, jangan langsung pake aja, ya gini deh jadinya..” kata gue..

Gue and the ganks langsung keluar aja dari kamar dia sambi nyanyi, “putus lagi cintaku..putus lagi jalinan kasih…dirimu dengannya….”

* Didi Junaedi, Penulis freelance di sejumlah media, cetak dan elektronik (internet).